Monday, January 9, 2012 |
1 comments
"E-Commerce"
A . Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
Pada zaman sekarang, sebuah zaman dalam era globalisasi, setiap orang memiliki ide, kreativitas dalam menjalankan sebuah usahanya, salah satunya yang dilakukan dalam sebuah usaha yaitu perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.
Banyak operasi itu bersifat internal,dilakukan dalam perusahaan oleh bidang fungsional keuangan, manufaktur, pemasaran, SDM dan jasa informasi.Beberapa operasi lain mencakup hubungan perusahaan dengan kedelapan elemen lingkungan(Pemasok, Pelanggan, Serikat Pekerja, Masyarakat/Lembaga Keuangan, Pesaing, Pemegang saham atau Pemilik, Pemerintah, dan Masyarakat global). Teknologi yang dipakai yaitu teknologi yang memakai jasa internet, perusahaan yang memakai jasa internet, untuk melakukan perdagangan yang khususnya dalam bidang elektronik.
Dalam perdagangan melalui jaringan elektronik memiliki 2 jenis tipe dalam bertransaksi, yaitu:
a. Business-to-Customer (B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
Strategi Business to Customer (B2C) melalui Jaringan Elektronik .
b. Business-to-Business (B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.
1.Manfaat dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
· Pelayanan pelanggan yang lebih baik
· Hubungan dengan pemsok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
· Pengembalian atas investasi pemegang saham, dan pemilik yang meningkat
2. Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
· Biaya Tinggi
· Masalah Keamanan
· Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
3. Jalan Menuju Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
o Mengumpulkan intelijen bisnis
Aktifitas mengumpulkan informasi tentang elemen-elemen dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan. Tugas-tugas intelijen dasar yaitu Mengumpulkan Data, Mengevaluasi Data, Menganalisa Data, Menyimpan Intelijen dan Menyebarkan Intelijen
o Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal. Mitra Dagang atau Mitra Bisnis adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS.
B. Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Yaitu memiliki berbagai cara seperti;
· Sistem antar organisasi (Interorganizatonal System-IOS).
· pertukaran data elektronik (Electronic Data Interchange – EDI).
· Extranet.
· transfer dana secara elektronik (Electronic Fund Transfer – EFT).
C. Sistem Antar Organisasai (IOS)
adalah suatu kombinasi perusahaan-peusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
Manfaat IOS :
- Efisiensi komparatif : internal dan antar organisasi
- Kekuatan tawar menawawar : kekuatan suatu perusahaan untuk menyelesaikan
- perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya.
Kekuatan ini berasal dari 3 hal :
§ Keistimewaan produk yang unik
§ Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
§ Peningkatan biaya peralihan.
D. Pertukaran Data Elektronik(Electronik data interchange – EDI)
adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca
mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa
perusahaan.
mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa
perusahaan.
Hubungan EDI yang umum membentuk kaitan antara perusahaan dan
pemasoknya serta pelanggan.
pemasoknya serta pelanggan.
Dalam pertukaran data terdapat bagian-bagian penting yaitu;
1. Hubungan EDI yang umum.
EDI akan Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan
kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side) Set transaksi adalah
suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur. EDI memungkinkan terjadinya Pengisian
Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
2. Standar EDI.
EDI memiliki satndarisasi yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12.
Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
3. Tingkat penerapan EDI.
Pada EDI memiliki Tiga tingkatan penggunaan yang saling berbeda, yaitu :
i. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke
i. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke
sejumlah mitra dagang yang terbatas.
ii. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah
mitra dagang, melampaui lini industri.
iii. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke
banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan
pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik..
4. Manfaat EDI.
Sebuah EDI memiliki manfaat dalam menjalankan perdaganganya , yaitu
- Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari teknologi
- Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
- Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.
E. Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik.
Memiliki Pilihan dalam Teknolog seperti :
- Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi
- Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
- Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.
1 comments:
goood
Post a Comment